By Luqman Firmansyah
|
Inilah dia H. Mahrus Ali |
Beredarnya buku-buku tulisan H. Mahrus Ali di berbagai tempat di wilayah
Indonesia benar-benar sangat meresahkan ummat Islam. Otomatis itu
menjadikan fitnah besar bagi kaum Nahdhiyyin dan bisa mengancam
persatuan dan kesatuan ummat Islam di Indonesia, bahkan bisa mengancam
eksistensi Indonesia sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
yang menganut ideologi Pancasila dan berazaskan Undang-undang Dasar
1945. Atas dasar itu, Tim Sarkub bersama kawan-kawan yang tergabung
dalam group “SARKUBIYAH” melakukan silaturrahim ke rumah kediaman H.
Mahrus Ali di Tambakwaru Sidoarjo, Surabaya - Jawa Timur untuk meminta
penjelasan langsung mengenai buku-buku tulisannya yang meresahkan
masyarakat dan menyesatkan itu.
Inilah Foto ketika Tim Sarkub bersilaturahim ke rumahnya H. Mahmud:
Senin Wage, 22 November 2010 M/ 15 Dzulhijjah 1431 H menjadi hari
bersejarah bagi Tim Sarkub. Di hari itulah mereka memulai perjalanan
untuk ‘menginvestigasi” H. Mahrus Ali, pengarang buku-buku yang
menyudutkan NU, di kediamannya di Tambakwaru Sidoarjo - Jawa Timur.
Sebe lum menuju rumahnya H. Mahrus Ali (yang ngaku2 Mantan Kiai NU),
mereka berlima silaturrahim terlebih dahulu ke rumah keponakannya yang
bernama H. Mahmud alumni pesantren Langitan untuk berbincang-bincang
sebentar sambil mengemukakan maksud dan tujuan kedatangan baik kami ke
sana. Karena, rumahnya H. Mahmud terletak pas berada di gang yang mau
menuju rumahnya H. Mahrus Ali. Tentunya tidaklahh sopan apabila
melewati rumahnya begitu saja.
Dalam silaturrahim itu mereka mendapat gambaran tentang ajaran yang
dianut oleh Mahrus Ali, bahkan mereka mendapat informasi bahwa Mahrus
Ali itu mengharamkan makan daging ayam dikarenakan ayam mempunyai
cakar. Begitupula, Mahrus Ali mengharamkan makan tahu dengan alasan
tahu itu mengandung cuka.
Setelah bersilaturrahim kemudian mereka menuju langsung ke rumahnya
Mahrus Ali untuk bersilaturrahim dan ingin menanyakan langsung tentang
penggunaan istilah “Mantan Kiai NU” dalam setiap karangannya.
Alhamdulillah berkat anugerah Allah swt mereka bisa menemui dia dengan
begitu mudahnya. Padahal menurut informasi yang didapatkan di
masyarakatnya bahwa dia itu sulit sekali ditemuinya terutama dengan
orang yang tidak sepaham dengannya. Bahkan ibu kandungnya sendiri
ketika sakit keras, dia (Mahrus Ali) tidak mau menemuinya dengan alasan
tidak sepaham dengannya.
Dalam silaturrahim itu Tim Sarkub sempat berdialog langsung dengannya
dan alhamdulillah mereka berhasil membongkar kebohongan dan kebusukan
Mahrus Ali yang menganut paham Wahhabi beserta penerbit buku-buku
karangannya, yang telah menghina dan melecehkan NU. Dengan demikian,
mereka sudah sepantasnya diseret ke pengadilan untuk diadili dan
mendapatkan hukuman yang setimpal sesuai dengan perbuatan mereka.
Mereka sempat mengambil foto secara rahasia lewat hp untuk dijadikan
sebagai data dan bukti yang valid. Karena, H. Mahrus Ali tidak mau
difoto dan menghukumi haram masalah foto. Begitupula, mereka sempat
berdialog dan mengajukan beberapa pertanyaan kepada Mahrus Ali termasuk
masalah penggunaan istilah “Mantan Kyai NU” di setiap buku
karangannya. Ternyata dalam jawaban Mahrus Ali penggunaan istilah
“Mantan Kiai NU” itu bukanlah dari kemauan H. Mahrus Ali (Wahhabi tulen)
sendiri, tetapi istilah itu merupakan keinginan dan hasil rekayasa
dari penerbit “Laa Tasyuk” yang menerbitkan buku-buku karangannya
dengan tujuan agar buku-buku tersebut best seller di pasaran. Buku2
tersebut pada hakikatnya merupakan suatu pelecehan dan penghinaan
terhadap eksistensi NU baik di forum nasional maupun internasional.
Dengan demikian, mereka meminta langsung kepada H Mahrus Ali dengan
sejujurnya untuk membuat pernyataan mengenai istilah Mantan Kyai NU
yang merupakan bukan pilihannya sendiri sebagai suatu klarifikasi agar
tidak menjadi fitnah berkepanjangan di kemudian hari.
|
Kyai Thobary bersama Mahrus Ali di sampingnya yang sedang menulis Surat Pernyataan. |
Inilah surat pernyataan Mahrus Ali yang sejujurnya kepada Kyai Thobary.
Mahrus mengatakan bahwa penggunaan istilah “Mantan Kiai NU” bukan
berasal dari dia sendiri. Tetapi itu merupakan pilihan dari pihak
penerbit “Laa Tasyuk” yang terlalu dipaksakan demi untuk mengeruk
keuntungan pribadi lewat buku2 tulisan Mahrus Ali yang diterbitkannya.
Untuk lebih jelasnya lagi kami salin kembali surat pernyataan Mahrus
Ali di bawah ini:
“MANTAN KYAI NU BUKAN PILIHAN SAYA DAN SAYA SUDAH BILANGKAN KEPADA WARTAWAN AULA, SAYA MINTA AGAR DIGANTI TAPI SAYA TIDAK MAMPU”
TGL 15 DZULHIJJAH 1431 H
WASSALAM
MAHRUS
Inilah scan surat pernyataan aslinya!!
|
Surat Pernyataan dari H. Mahrus Ali |
Jadi, dalam hal ini penerbit “Laa Tasyuk” bersalah secara hukum.
Begitupula dengan Mahrus Ali. Olehkarena itu, pihak NU harus menuntut
dan menyeret mereka ke pengadilan demi tegaknya hukum di Indonesia.
Kalau dibiarkan saja, pasti fitnah yang ditimbulkan oleh penerbit “Laa
Tasyuk” dan H.Mahrus Ali akan semakin berkobar saja dan dapat mengancam
kewibawaan NU, bahkan bisa merugikan bangsa Indonesia. Dengan
demikian, Mahrus Ali dan penerbt “Laa Tasyuk” ini merupakan
manusia-manusia pembohong besar. Pernah dia diundang debat terbuka di
UIN Sunan Ampel di Surabaya Jawa Timur untuk mempertanggung-jawabkan
buku karangannya yang menghina NU dan tidak ilmiah itu, tapi dianya
tidak hadir dengan bermacam-macam alasan. Coba lihat di sini video Debat
Terbuka NU - Wahhabi dari 3 sampai dengan 8 :
http://www.youtube.com/watch?v=Pc3974OQ7ho&p=31D71980262CA429&playnext=1&index=2
Dengan ketidakhadirannya itu, takut ketahuan belangnya kali ya
konspirasi politik Wahhabi ini?. Awas dan hati2 dengan fitnah dan
kebohongan “The Phantom of Opera” ini !!!. Sekarang H. Mahrus Ali sedang
dilanda ketakutan karena merasa bersalah. Dia juga suka nongkrong di
warung kopi di depan balai desa di dekat rumahnya di desa Tambak Sumur
RT 01 / RW 01 Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Itupun
beraninya kalau keadaannya sedang sepi. Hidupnya pun semakin susah saja
bahkan sudah terasing dari masyarakatnya. Dia itu ibarat cacing tanah
kepanasan yang menjadi cemoohan masyarakat sampai ke anak-anak kecil.
Itulah adzab Allah swt yang selalu menimpa dia dikarenakan atas
perbuatannya sendiri. Mudah-mudahan ini menjadi pelajaran bagi kita !!.
Inilah Warjok alias Warung Pojok, tempat nongkrongnya Mahrus Ali
minum kopi di depan Balai Desa Tambakwaru Sidoarjo Jatim. Itupun dia
lakukan kalau kondisinya sedang sepi. Kalau lagi ramai, waaaahh dia
sangat ketakutan sekali. Kebetulan warjok itu sedang tutup ketika Tim
Sarkub berkunjung ke rumahnya. Waaaah inget2 umur belasan tahun aja nich
tukang nongkrong di jalanan bersama kawan2.
Adapun mengenai tulisan-tulisan H Mahrus Ali di setiap buku karangannya,
semuanya itu berisikan pengkajian dan pembahasan yang tidak ilmiah dan
mengandung ketidakbenaran, karena tidak disertai dengan dalil-dalil
yang kuat dan penjelasan-penjelasan yang ilmiah secara keilmuan. Hanya
saja dalil-dalil yang diambil olehnya baik dari Al-Qur’an maupun Hadits
Nabi hanyalah merupakan hasil terjemahan secara tekstual atau
letterleg saja sehingga sama sekali tidak mengenai sasaran yang tepat.
Bahkan dalam mengartikan ayat-ayat suci al-Quran yang ada asbabun
nuzulnya, dia itu sangat anti sekali dengan asbabun nuzul (sebab2
diturunkannya ayat2 suci Al-Qur’an). Karena, menurut dia asbabun nuzul
itu dipenuhi dengan sanad-sanad (sandaran-sandaran hukum) yang dhaif
atau lemah. Selain itu beliau sangat anti sekali terhadap kitab-kitab
karangan Imam Syafi’i. Dia hanya menggunakan tafsir yang dilakukan oleh
sahabat Nabi SAW. Dengan demikian, pengkajian Al-Qur’an yang ia
lakukan merupakan suatu kekeliruan dan penyimpangan yang besar, karena
tidak berdasarkan ilmu tafsir Al-Qur’an dari para ulama yang tidak
diragukan lagi mengenai kredibilitas keilmuan mereka. Padahal ilmu
tafsir Al-Qur’an itu sangat penting sekali dalam memecahkan setiap
permasalah hidup (problem solving) terutama yang berkaitan dengan
ayat-ayat mutasyabbihat dan ayat-ayat kauniyah.
Selain itu, dia menganggap bahwa ilmu hisab itu bid’ah dholalah dan yang
paling benar hanyalah ilmu rukyat semata dalam penentuan awal bulan
Qamariyah seperti awal Ramadhan, Syawal dan Dzul-Hijjah. Bahkan dia
menyalahkan NU, Muhammadiyah, PERSIS dan ormas-ormas Islam lainnya.
Dalam masalah jatuhnya waktu wukuf di Padang Arafah Saudi Arabia dan
masalah jatuhnya hari puasa Arafah di Indonesia juga dia mengikuti
keputusan pemerintah Saudi Arabia. Alasannya pemerintah Saudi Arabia itu
menggunakan rukyat dan rukyatnya didukung dengan teropong-teropong
yang canggih dari Maroko. Kata saya kepadanya: “Bagaimana kita dapat
melakukan rukyat (melihat hilal) dengan baik dan benar kalau tanpa
didukung dengan data hisab yang akurat”? Karena, rukyat yang baik itu
harus dilakukan hisab terlebih dahulu, dengan kata lain ” الرؤية بعد
الحساب “. Rukyat tanpa data hisab yang akurat sudah barangtentu akan
terjadi kesalahan dalam merukyat. Karena, untuk mengetahui posisi dan
ketinggian hilal itu harus menggunakan ilmu hisab. Begitupula lamanya
hilal di atas atau di bawah ufuk itu hanya bisa diketahui dengan ilmu
hisab, yaitu lamanya hanya sekitar beberapa menit atau detik saja
tergantung ketinggian hilalnya.
Salah seorang dari mereka, KH. Thobary Syadzily berkata kepada Mahrus Ali:
“Ilmu
hisab itu ibarat alamat lengkap seseorang pak. Sedangkan, rukyat itu
ibarat rumah seseorang. Bagaimana kita bisa menemukan rumah seseorang
kalau tanpa adanya alamat yang jelas. Coba bapak pikirkan baik-baik !.
Saya ini datang dari jauh dan ingin ke rumah bapak. Apakah saya akan
menemukan rumah bapak kalau saya tidak mempunyai alamat rumah bapak
yang jelas?”. Jawab Mahrus Ali:
“Oh iya ya pasti sampeyan tidak bisa menemukan alamat rumah saya!”. Itulah penjelasan KH. Thobary kepada Mahrus Ali dan diapun mengakuinya secara jujur.
Kemudian KH. Thobary bertanya lagi kepada dia:
“Ngomong-ngomong ! Apakah bapak bisa tidak ilmu hisab?.”
Jawab dia:
“Saya tidak bisa sama sekali ilmu hisab.“
“Mengapa bapak menulis ilmu hisab di buku karangan bapak yang berjudul “Amaliyah Sesat Di Bulan Ramadhan?. ” tanya KH. Thobary lagi.
“Bahkan bapak mencela NU dan Muhammdiyah serta Kementrian Agama Republik Indonesia. “
Jawab Mahrus Ali:
“Oh itu saya ambil dari internet saja. “
Kata KH. Thobary:
“Memangnya bapak punya internet?.”
“Ya, saya punya.”, jawab Mahrus Ali.
Itulah pengakuan sejujurnya Mahrus Ali kepada KH. Thobary Syadzily.
Karena, mereka berusaha meyakinkan dan memeluruskan pemahaman dia yang
salah dan keliru itu tentang ilmu hisab. Wal hasil H Mahrus Ali itu
tidak faham sama sekali tentang ilmu hisab dan rukyat. Ternyata tulisan
dia tentang hisab itu hanyalah merupakan copy paste dari internet
alias google saja.
Adapun dalam masalah penentuan awal Ramadhan, Syawal, dan Dzul-Hijjah
di Indonesia dia menyerahkan sepenuhnya kepada NU. Dari sini kita
fahami bahwa dia tidak konsisten dengan pendiriannya semula, padahal
secara keilmuan NU itu menggunakan perpaduan antara Hisab dan Rukyat.
Tapi, mengapa dia menganggap ilmu hisdab itu bid’ah (maksudnya bid’ah
dholalah atau sesat).
Bukan hanya itu saja, H. Mahrus Ali pun sama sekali tidak paham tentang
ilmu mantik (logics). Bagaimana dia bisa memahami isi Al-Qur’an dan
Hadits kalau dia tidak paham tentang ilmu itu. Sedangkan, ilmu mantiq
merupakan salah satu pendukung untuk membongkar rahasia Al-Qur’an dan
Hadits. Begitupula ketika ditanya tentang ilmu tauhid pun pemahamannya
sangat dangkal sekali, sehingga apa yang dia pahami dalam masalah ilmu
tauhid tidak sesuai dengan pemahaman aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah.
Dengan demikian, pemahaman keilmuan H. Mahrus Ali benar-benar sangat
diragukan tentang kebenarannya karena tidak sesuai denagn fakta-fakta
keilmuan yang berlaku di dalam ajaran agama Islam. Itulah ajaran
Wahhabi yang dianut oleh H. Mahrus Ali untuk menyesatkan ummat Islam di
Indonesia. Memang Mahrus Ali itu otaknya sudah dicuci oleh Wahhabi
ketika dia belajar dahulu di Saudi Arabia selama 8 tahun.
Inilah buku karangan Mahrus Ali yang ternyata cuma diambil dari internet saja!
Awas jangan sampai terprovokasi atau terpengaruh dengan keberadaan buku
ini !!. Buku ini dan buku2 lainnya karangan H. Mahrus Ali penuh dengan
kebohongan dan hasil rekayasa dari Wahhabi di atasnya saja. Dengan kata
lain, buku2 itu hanyalah sebagai penyambung lidah Wahhabi (termasuk
penerbit buku “LAA TASYUK” Jln Pengirian No 82 Surabaya dan oknum2 yang
berada di belakangnya) saja yang bertujuan untuk mengadu domba antara
NU, Muhammadiyah, Persis dan ormas2 lainnya dan memperdaya ummat Islam
di Indonesia khususnya para warga Nahdhiyyin. Itulah gaya politik
Wahhabi yang murahan dan rendahan (cheap and low political style of
Wahhabi) yang selalu ditampilkan dalam da’wahnya. Cirinya: Wahhabi itu
sangat licik sekali dan suka memecah belah ummat Islam saja. Cara
berpikirnya pun sangat dangkal sekali dan sangat egoistis alias ingin
menang sendiri saja serta suka usilan terhadap urusan ibadah orang lain
yang tidak sepaham dengannya dengan mengecam sesat, musyrik dan murtad.
Dalam hal ini Wahhabi bukannya memajukan ummat Islam di bidang sains
& tehnologi, justru sebaliknya hanya membuat ummat Islam semakin
terperangkap saja dalam jurang kebodohan, sehingga sikapnya itu bisa
menjadikan Indonesia sebagai negara yang tidak bermartabat dan bermoral
baik di forum nasional maupun internasional. Pengarang buku ini
sebenarnya bukan mantan kiai NU, apalagi pernah menjadi anggota atau
menjabat di NU. Dia itu orang kampung biasa yang keadaan hidupnya sangat
sederhana sekali dan tidak punya power sedikitpun di masyarakatnya.
Olehkarena itu, penerbit “Laa Tasyuk” memanfa’atkan dia untuk dijadikan
sebagai tumbal politik ekonominya.
Kalau melihat tampang muka dan tata cara shalatnya beserta jama’ahnya,
pasti semua orang menilai bahwa aliran yang dianutnya sangat
menyesatkan ummat Islam. Coba saja lihat di sini foto-foto profil
aslinya beserta jama’ahnya !!. Ini benar-benar merupakan foto-foto asli
dan bukan hasil rekayasa:
|
Khutbah Jum’atan di rumahnya sendiri diikuti sedikit jamaah yang mungkin sama-sama kurang waras. |
|
Sujud di atas tanah dan memakai sandal ketika sholat jum’at bertempat di rumahnya Mahrus Ali. (gile bener!) |
|
Mahrus Ali bersama komplotannya di kediamannya usai sholat jum’at. |
|
Shalat pake sandal di atas tanah, tidak mau shalat di atas keramik atau ubin. hihihi |
|
Jama’ahnya masih waras gak ya? |
|
Sujud langsung di atas tanah tanpa alas, lalu kaki masih terbungkus sandal. |
|
Shalat pakai sandal jepit di rumahnya Mahrus Ali. sandal bau telek! hihihi |
|
Pengikutnya sok alim pake sorban tapi gak waras kayaknya. hehe.. |
|
Kesesatannya sempat terekam oleh stasiun tv swasta nasional sewaktu shalat Id. |
|
Shalat Id dengan komplotannya di atas tanah |
Tulisan
ini semata-mata sebagai nasehat agar tidak mudah menerima (menelan)
informasi yang datang kepada kita tanpa mengecek atau meneliti informasi
tersebut. Dan Tim Sarkub telah berhasil menginvestigasi langsung H.
Mahrus Ali yang meresahkan ummat itu. Maka sangatlah mengherankan dengan
sikap sebagian kalangan yang tidak pernah mau mengambil hikmah dan
pelajaran dari fenomena kebohongan yang mengatas namakan ulama seperti
kasus di atas, yaitu seorang H. Mahrus Ali yang mengaku sebagai mantan
Kiayi NU dengan tujuan memojokkan NU.
Al-Qur’an telah mengajarkan kepada kita agar tidak mudah mengambil begitu saja informasi-informasi yang datang kepada kita, semua
itu agar kita terhindar dari tindakan yang bisa menyebabkan kerugian
terhadap orang lain, baik berupa fitnah atau yang lainnya, sebagaimana
tercantum dalam surat Al-Hujarat ayat 6 :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِن جَاءكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَأٍ
فَتَبَيَّنُوا أَن تُصِيبُوا قَوْماً بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَى مَا
فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ
‘Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa
suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak
menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya
yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu”
Berikut ini salah satu kutipan yang jelas-jelas bohong, yang berasal
dari penulis buku “Menggugat Tahlilan” dan mengatas namakan pengarang
kitab I’anath Thalibin,
Didalam buku yang berjudul “Membongkar Kesesatan Tahlilan”, hal. 31, disana dituliskan :
“Dan di antara bid’ah munkaroh yang sangat dibenci adalah apa yang
dilakukan orang di hari ketujuh dan di hari ke-40-nya. semua itu haram
hukumnya” (lihat buku Membongkar Kesesatan Tahlilan, hal. 31).
Penulis buku tersebut mengutip kalimat tersebut dari kitab Ianatuth
Thalibin, yang mana kalimatnya telah di gunting/dipotong atau belum
tuntas dan ini yang dijadikan rujukan oleh remaja korban internet.
Kutipan diatas juga tercantum dalam buku “Mantan Kiai NU Menggugat
Tahlilan”, isinya sebagai berikut :
“Di antara bid’ah munkarat yang tidak disukai ialah perkara yang
sangat biasa diamalkan oleh individu dalam majelis untuk menyampaikan
rasa duka cita (kenduri arwah), berkumpul dan membuat jamuan majelis
untuk kematian pada hari keempat puluh, bahkan semua itu adalah haram”
(lihat buku Mantan Kiai NU Menggugat Tahlilan, hal. 69).
Perhatikanlah kutipan kalimat diatas, maka silahkan bandingkan dengan teks asli dari kitab I’anah,
وفي حاشية العلامة الجمل على شرح المنهج: ومن البدع المنكرة والمكروه
فعلها: ما يفعله الناس من الوحشة والجمع والاربعين، بل كل ذلك حرام إن كان
من مال محجور، أو من ميت عليه دين، أو يترتب عليه ضرر، أو نحو ذلك.
“Dan didalam kitab Hasiyatul Jamal ‘alaa Syarh al-Minhaj (karangan
Al-‘Allamah asy-Syekh Sulaiman al-Jamal) ; “dan sebagian dari bid’ah
Munkarah dan Makruh mengerjakannya yaitu apa yang dilakukan orang
daripada berduka cita , berkumpul dan 40 harian, bahkan semua itu haram
jika (dibiayai) dari harta yang terlarang, atau dari (harta) mayyit
yang memiliki (tanggungan) hutang atau (dari harta) yang bisa
menimbulkan bahaya atasnya, atau yang lain sebagainya”
Kalimat yang seharusnya di lanjutkan tapi di potong. Mereka telah
menyembunyikan maksud yang sebenarnya dari ungkapan ulama yang berasal
dari kitab aslinya. Mereka memenggal kalimat secara “seksama”
(penipuan yang direncanakan/kebohongan disengaja, red) demi
tercapainya tujuan mereka yaitu melarang bahkan mengharamkan Tahlilan,
seolah olah tujuan mereka didukung oleh pendapat Ulama, padahal hanya
didukung oleh tipu daya mereka sendiri yang mengatas namakan ulama.
Bukankah hal semacam ini juga termasuk telah memfitnah Ulama ?
Ucapan
mereka yang katanya menghidupkan sunnah sangat bertolak belakang
dengan prilaku penipuan dan kebohongan yang mereka lakukan.
Itulah sekilas kebohongan yang dijadikan kebanggaan oleh sebagian da’i-da’i keblinger.
|
Shalat Id dengan komplotannya di atas tanah |
Mengenai Kebohongan H. Mahrus Ali dalam bukunya, bisa anda baca di buku
yang telah diterbitkan oleh Tim Bahtsul Masail PC NU Jember, bukunya
berjudul : “MEMBONGKAR KEBOHONGAN BUKU MANTAN KIAI NU MENGGUGAT SHOLAWAT
& DZIKIR SYIRIK (H.MAHRUS ALI”
Wallahu a’lam bishshowab.
Retrieved from: http://agama.kompasiana.com/2010/12/16/membongkar-kebohongan-h-mahrus-ali-dan-rekayasa-busuk-wahabi/